cover
Contact Name
Mesran
Contact Email
mesran.skom.mkom@gmail.com
Phone
+6282161108110
Journal Mail Official
jurikom.stmikbd@gmail.com
Editorial Address
STMIK Budi Darma Jalan Sisingamangaraja No. 338 Simpang Limun Medan - Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) membahas ilmu dibidang Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, DSS, AI, ES, Jaringan, sebagai wadah dalam menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan Teknologi Informatika dan Komputer. Topik utama yang diterbitkan mencakup: 1. Teknik Informatika 2. Sistem Informasi 3. Sistem Pendukung Keputusan 4. Sistem Pakar 5. Kecerdasan Buatan 6. Manajemen Informasi 7. Data Mining 8. Big Data 9. Jaringan Komputer 10. Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan Teknologi Informati dan komputer)
Articles 42 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017" : 42 Documents clear
SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT ALZHEIMER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES Hannum, Adelina
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.700

Abstract

Alzheimer adalah jenis kepikunan yang dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang.  Keadaan ini ditunjukkan dengan kemunduran fungsi intelektual dan emosional secara progresif dan perlahan sehingga mengganggu kegiatan sosial sehari-hari (Dr. Samino, SpS K 2009). Penyakit Alzheimer ini tidak menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.  Bermula pada usia 17 hingga 40 tahun, seseorang mempunyai risiko lima persen mengidap penyakit ini dan akan meningkat dua kali lipat setiap lima tahun. Sehingga diperlukan pengelolaan pertanian yang terpadu Diagnosa adalah proses yang dilakukan untuk mengenali atau mengetahui terdapatnya keadaan yang tidak wajar atau alamiah dan meneliti adanya abnormalitas serta menetapkan penyebabnya diterapkan untuk membuat rencana perwatan pada suatu penyakit (Sunart, 2008). Sistem pakar merupakan program komputer dapat meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar untuk menyelesaikan suatu masalah yang spesifik (Kusumadewi, 2003). Pada Skripsi ini dilakukan pembahasan mengenai prosedur analisis menggunakan metode Bayes, kemudian dilakukan pengembangan perangkat lunak yang mengimplementasikan metode tersebut. Setelah perangkat lunak selesai dikembangkan, dilakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak tersebut dan metode Bayes. Pengujian perangkat lunak dilakukan untuk menguji kebenaran perangkat lunak dalam menampilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan Selanjutnya Skripsi ini ditutup oleh kesimpulan dan saran pengembangan di masa yang akan datang.
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DAN NON TRADISIONAL UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE ASSISTED INSTRUCTION (CAI) Hidayat, Zamroni
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.716

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan IPTEK dan Media pembelajaran yang saat ini semakin maju dan terus berkembang. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menjamurnya alat musik modern dan terbaru. Masalah umum yang sering dihadapi oleh peserta didik khususnya siswa tingkat dasar adalah masih cukup banyak yang belum mengenal berbagai jenis alat musik tradisional yang ada pada setiap daerah. Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh. Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja, siswa kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibuatlah bahan ajar berbasis multimedia interaktif bernama media pembelajaran pengenalan alat music tradisional dan non tradisional. Aplikasi ini menyajikan materi secara interaktif melalui (animasi) gerakan, gambar, suara dan warna, baik secara alami maupun manipulasi dan dilengkapi dengan soal latihan. Aplikasi ini menggunakan tool–tools animasi Macromedia Flash. Aplikasi hasil yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah bahwa siswa tingkat dasar dapat mengetahui dan mengenal Alat Musik Tradisional dan Alat Musik Non Tradisional. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan proses belajar mengajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan
PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM PADA PELAJARAN KIMIA KELAS X SMA GEMA BUWANAMENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) Andriati, Desi
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.732

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Media yang digunakan agar pembelajaran berjalan dengan baik yaitu menggunakan komputer. Komputer bertujuan untuk mempresentasikan dan mengendalikan lingkungan belajar secara individual pada masing – masing siswa khususnya strutur atom. Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Pada pelajaran struktur atom membutuhkan media komputer sebagai sarana penyampaian pembelajaran secara individual. Untuk tercapainya pembelajaran yang baik maka dibutuhkan sebuah metode pada pembelajaran menggunakan komputer, yaitu metode Computer Based Instruction (CBI). Metode CBI yaitu metode pembelajaran yang bertujuan agar siswa dengan mudah memahami pelajaran struktur atom secara efektif, efesien dan mandiri yang dirancang secara unik sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan jenuh dengan materi yang disampaikan. CBI (Computer Based Instruction) merupakan penawaran baru dalam cara pembelajaran. Khusus nya dalam mempermudah penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar. Untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan pada materi metode CBI memiliki model – model agar pembelajaran semakin menarik, yaitu : Model Tutorial, Model Latihan dan Praktek, Model Simulasi dan Model Game.
ANALISA KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE C4.5 DAN FUZZY TSUKAMOTO Hanapi, Hanapi
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.687

Abstract

Analisa terhadap kemampuan sumber daya manusia  ( SDM ) khususnya pada kinerja yang dimiliki,  merupakan  hal  yang  sangat  penting  dilakukan  oleh sebuah   institusi   untuk   menjamin   kelancaran   dan efisiensi  kerja  karyawan.  Banyak institusi yang berusaha untuk melakukan analisa kinerja sehingga diharapkan mampu menempatkan SDM sesuai dengan talentanya agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik yang dapat menguntungkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan data awal berupa data. dalam bentuk himpunan tegas/nyata (crisp) yang berupa bilangan numerik/angka. Untuk menterjemahkan data tersebut ke dalam bentuk  linguistic term, peneliti menggunakan logika fuzzy  (proses fuzzifikasi) untuk proses preprocessing data yang di hasilkan akan digunakan untuk fuzzy C4.5. Algoritma  C4.5 menggunakan data dalam bentuk himpunan tegas/nyata (crisp) misalkan untuk kinerja dengan kriteria personal1 digunakan range angka yaitu personal1<=22.26 dan personal1>22.26 untuk mendapatkan kesimpulan, sedangkan dalam kenyataannya nilai kinerja dapat berupa himpunan tidak tegas  (fuzzy)  yang  dapat  digolongkan  ke  dalam  nilai baik, cukup dan kurang, sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami oleh orang awam metode tusakamoto metode mengaplikasikan penalaran monoton pada setiap aturannya. 
APLIKASI PEMBELAJARAN TOR-TOR PADA ACARA ADAT BATAK TOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION Simamora, Luyanti
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.727

Abstract

Tor-tor merupakan Tarian yang gerakannya se-irama dengan iringan musik (magondangi) yang dimainkan dengan alat-alat musik tradisional seperti gondang, suling, dan terompet batak. Tari tor-tor dulunya digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan roh, dimana roh tersebut dipanggil dan "masuk" ke patung-patung batu,, lalu patung tersebut tersebut bergerak seperti menari akan tetapi gerakannya kaku. Gerakan tersebut meliputi gerakan kaki (jinjit-jinjit) dan gerakan tangan.  Untuk membantu permasalahan tersebut akan dibangun sebuah system pembelajaran untuk membantu dalam mempelajari Tor-tor Batak toba dengan menggunakan metode Computer Based Instruction (CBI). Dalam metode Computer Based Instruction terdapat beberapa model diantaranya: Model Drill and practice, Model Tutorial, Model simulasi, dan Model Instructional Games
PERANCANGAN APLIKASI PERBAIKAN CITRA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MID POINT Ikhwan, Muhammad
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.706

Abstract

Citra yang mengalami penurunan mutu atau kualitas, misalnya karena mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Ketika sebuah citra ditangkap oleh kamera, seringkali tidak dapat langsung digunakan sebagaimana diinginkan karena kualitasnya belum memenuhi standar kebutuhan pengolahan. Metode mid point merupakan sebuah filter yang berfungsi mengantikan nilai sebuah piksel dengan nilai rata-rata dari nilai terkecil dan nilai terbesar dari gray-level dalam subimage dibawah jendela ketetanggaan ukuran mxn. Microsoft visual studio.net 2008 merupakan salah satu software buatan Microsoft Corp. yang didesain khusus dalam pembuatan program-program profesional berbasis windows platform. Aplikasi  pengolahan citra digital menggunakan metode mid point filter untuk melakukan proses manipulasi citra dan memperbaiki mutu citra agar terlihat tampilan citra lebih baik.
IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA EVALUASI KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS : PT. HOME CENTRA) Sihombing, Sahat Maruli
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.722

Abstract

Kenaikan jabatan pada suatu perusahaan merupakan dambaan setiap karyawan terkhusus pada perusahaan PT.Home Centra Medan, dimana kenaikan jabatan tersebut harus berdasarkan evaluasi kinerja pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sehingga didapat keputusan yang tepat. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat interaktif dengan pemakainya. Sifat interaktif ini dimaksudkan untuk memudahkan integrasi antara berbagai komponen dalam pengambilan keputusan terutama kenaikan jabatan karyawan. Pada metode Tsukamoto, setiap aturan dipresentasikan menggunakan himpunan – himpunan fuzzy, dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Untuk menentukan nilai output srisp/ hasil yang tegas(Z) dicari dengan cara mengubah input menjadi suatu bilangan pada domain himpunan fuzzy tersebut.
SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT JAMBU AIR MADU MENGGUNAKAN METODE BAYES Devi Anggita Nasution
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.701

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia merupakan penyangga perekonomian sehingga sektor ini mampu memberikan kontribusi besar bagi perkembangan perekonomian nasional. Buah jambu air madu sangat populer dan mulai menjadi ciri khas buah-buahan Pada periode tahun 2006 - 2009, usaha petani jambu air madu telah mengalami perubahan – perubahan dari tahun ke tahun. Pengembangan lahan jambu air yang semakin meningkat akan tetapi hasil panen yang tidak meningkat signifikan. Sehingga diperlukan pengelolaan pertanian yang terpadu. Salah satu upaya meningkatkan hasil panen adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemudahan konsultasi kepada para petani jambu air dalam mengatasi segala penyakit pada jambu citra sehingga diharapkan hasil panen yang terus meningkat. Pada Skripsi ini dilakukan pembahasan mengenai prosedur analisis menggunakan metode Bayes, kemudian dilakukan pengembangan perangkat lunak yang mengimplementasikan metode tersebut. Setelah perangkat lunak selesai dikembangkan, dilakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak tersebut dan metode Bayes. Pengujian perangkat lunak dilakukan untuk menguji kebenaran perangkat lunak dalam menampilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan Selanjutnya Skripsi ini ditutup oleh kesimpulan dan saran pengembangan di masa yang akan datang.
PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASISTED INTRUCTION Nita Wardani
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.717

Abstract

Pembelajaran citra digital merupakan salah satu pembelajaran penting dalam menguasai perkembangan teknologi mengingat hampir seluruh apa yang kita lihat secara visual bersumber dari hasil pengolahan citra digital. Pebelajaran citra digital ini tidaklah mudah, terutama bagi mereka yang memiliki profesi sebagai pengajar atau dosen pada perguruan tinggi. Proses penyampaian materi-materi pembelajaran citra digital juga harus dapat dilakukan dengan strategi atau metode pembelajaran yang lebih menarik agar tujuan pembelajaran materi dapat teracapai. Dalam penelitian ini, dicoba untuk mengetahui bagaimana prosedur penerapan serta penyusunan materi pembelajaran citra digital berdasarkan metode Computer Asisted Instruction (CAI) agar materi-materi yang disampikan kepada perta ajar lebih spesifik dan tidak mubajir (lebih mudah dipahami oleh siswa karena memperkaya penggunaan multimedia dalam penyampaian bahan-bahan ajar) termasuk dalam penyesuaian durasi waktu yang dibutuhkan selama proses pengajaran. Aplikasi pembelajaran yang dibangun terlebih dahulu dimodelkan dengan use case diagaram dan activity diagaram agar dapat menggambarkan secara lebih spesifik sistem yang akan dibangun. Setelah kegiatan tersebut dilakukan, maka diteruskan dengan merancangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008. Aplikasi ini juga diintegrasikan dengan aplikasi MySQL sebagai penampungan data-data pembelajaran. Aplikasi yang dibangun memiliki keunggulan bahwa materi-materi dan soal-soal yang dibutuhkan dalam pembelajaran yang digunakan dapat diimutakhirkan.
APLIKASI PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DENGAN METODE COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) (STUDI KASUS SMK MULTI KARYA) Desi Mahliza Tanjung
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 4, No 5 (2017): Oktober 2017
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30865/jurikom.v4i5.733

Abstract

Ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat cepat. Proses transfer ilmu dari satu generasi ke generasi berikutnya berlangsung dengan berbagai cara. Baik secara lisan maupun tulisan. Tidak semua orang mampu menyerap ilmu pengetahuan dengan sempurna melalui proses secara tulisan. pada saat ini guru setiap penyampaian materi guru masih menulis di papan tulis. Dalam setiap penyampaian materi guru masih menggunakan buku dalam penyampaian materi pada siswa. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara yang efektif dan efesien agar ilmu pengetahuan dapat diserap dengan sempurna. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi pun menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk melakukan proses transfer ilmu. Bidang pengajaran yang paling dikenal dengan memanfaatkan teknologi informasi adalah Computer Assisted Instruction (CAI). CAI berguna untuk membantu tenaga pengajar (guru atau dosen) dalam proses pembelajaran di dalam kelas untuk menyampaikan materi pelajaran. Penerapan komputer sebagai perangkat pembelajaran dengan berbagai peralatan multimedia memungkinkan proses pengajaran lebih menarik efektif, efesien, dan lebih mudah dikembangkan untuk hal yang baru. CAI menerapkan komputer sebagai perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran menjadi efektif dan memudahkan peserta didik mengatur kecepatan belajar mereka sendiri. Pada Perangkat lunak yang digunakan yaitu Macromedia Flash 8 sebagai software yang mendukung dalam pembelajaran jaringan dasar. Perangkat lunak ini digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan – permasalahan dalam pembelajaran.